Gunung Semeru Terdengar Suara Gemuruh Sebelum Keluarkan Awan Panas Sejauh 3 Km

Gunung Semeru Terdengar Suara Gemuruh Sebelum Keluarkan Awan Panas Sejauh 3 Km
Posted by Orchid Media
Your Ads Here

Gunung Semeru Terdengar Suara Gemuruh Sebelum Keluarkan Awan Panas Sejauh 3 Km

Lumajang - Gunung Semeru kembali erupsi dengan meluncurkan Awan Panas Guguran (APG) cukup besar, sekitar pukul 05.30 WIB. 

Sebelum erupsi, terdengar suara gemuruh yang menggelegar.

Menurut Adi, Petugas Tagana yang berada di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, ada suara gemuruh terus luncurkan awan panas guguran cukup besar, warga dan relawan sempat panik dan memilih pergi ke lokasi aman.

"Sebelum keluar awan panas guguran, Gunung Semeru keluarkan suara gemuruh, selang berapa detik, keluar awan panas dari kawah Semeru," kata Adi saat dikutip detikcom, Minggu (19/12/2021).

Hal ini membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah. Karena, luncuran awan panas ini terlihat jelas oleh warga. Luncurannya mengarah ke Sungai Besuk Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo.

"Warga dan relawan panik, warga banyak keluar dan pergi mencari lokasi aman," tambah Adi.

Sementara itu, cuaca di Gunung Semeru pagi ini terpantau cerah. Visual Gunung Semeru terlihat jelas.

Sedangkan hasil rekaman seismograf di Pos PVMBG Gunung Semeru sejak pukul 00:00 WIB sampai 06:00 WIB, tercatat awan panas guguran terjadi 1 kali, amplitudo 20 milimeter, durasi 720 detik, dan guguran 8 kejadian amplitudo 2 hingga 8 milimeter durasi 30 sampai 60 detik.

Lalu untuk hembusan terjadi 1 kali kejadian dengan amplitudo 7 milimeter, durasi 65 detik. Untuk gempa tektonik jauh sempat berlangsung 1 kali dengan amplitudo 7 milimeter dengan durasi 120 detik.

Petugas PVMBG Gunung Semeru pun mengimbau warga tidak melakukan aktivitas apapun di aliran Sungai Besuk Kobokan dengan jarak 13 kilometer dari puncak Semeru atau pusat erupsi. Warga juga dilarang beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari puncak kawah, karena rawan terkena lontaran lava pijar.

Warga perlu mewaspadai luncuran awan panas guguran, guguran lava, dan lahar dingin di aliran sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Seperti Sungai Besuk Kobokan, Besuk Sat, Besuk Bang dan Besuk Kembar.



Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Related Posts

Your Ads Here

Komentar

Posting Komentar