Merawat Diri Tak Perlu Mahal, Ini Cara yang Murah Menurut Ahli

Merawat Diri Tak Perlu Mahal, Ini Cara yang Murah Menurut Ahli
Posted by Orchid Media
Your Ads Here

Merawat Diri Perlu Mahal, Ini Cara yang Murah Menurut Ahli

Maknews - Karena terlalu sibuk membagi waktu untuk work from home, mengurus tugas domestik hingga sekolah online anak di rumah, banyak dari kita jadi lupa untuk self-care. 

Di masa pandemi ini memang self-care sering terlupakan karena keterbatasan ruang dan waktu. Padahal rutin melakukan self-care bisa membantu meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan diri.

Hal ini seperti dikatakan oleh Viola Oyong, wirausaha dan ibu muda, dalam acara Arisan Parapuan bertajuk Dari Aku untuk Aku yang diadakan pada Kamis, 26 Agustus 2021. 

“Kalau kita melakukan self-care, kita akan merasa nyaman dengan diri kita sendiri dan membuat boosting semangat,” ujarnya. 

Viola yang baru saja memiliki anak berusia enam bulan pun tahu betul bagaimana menantangnya harus membagi waktu antara mengurus anak dan merawat dirinya sendiri. Namun ini tak dijadikan alasannya untuk tidak merawat diri, karena menurutnya self-care adalah bentuk self-love. 

“Kuncinya adalah curi-curi waktu. Ini dimanfaatkan untuk merawat diri kita,” tambah Viola lagi. Sebagai perempuan yang tak suka mengenakan riasan tebal, maka ia merasa perawatan dari dalam menjadi poin penting dalam rutinitas kecantikannya.

Menurutnya, salah satu hal penting dalam mendapatkan kulit yang glowing dan sehat adalah kebersihan. Walau lebih sering menghabiskan waktu di rumah saja, Viola tak pernah melewatkan waktu untuk membersihkan wajah. 

“Kita di rumah ngerasanya kulit bersih, padahal belum tentu. Bersihin kulit penting, tapi enggak boleh juga berlebihan,” jelasnya. 

Punya kondisi kulit kombinasi, dengan area T-zone yang agak berminyak namun bagian kulit lain yang cenderung kering, maka pelembap jadi skincare penting yang tak dilewatkan perempuan yang juga memiliki klinik kecantikan ini.

“Kelembapan perlu dijaga, seminggu sekali juga maskeran di rumah sendiri. Selain itu pakai produk yang benar-benar aman untuk kulit, karena aku juga masih menyusui,” ceritanya. 

Di sisi lain, karena baru melahirkan, Viola pun fokus pada perawatan-perawatan yang memperbaiki kondisi kulit, misalnya mengencangkan kulit karena muncul stretchmark di perut. 

“Ketika kulit kita sehat, enggak perlu banyak effort untuk terlihat segar setiap hari. Makanya aku lebih milih investasi jangka panjang untuk perawatan kesehatan kulit,” tambah Viola lagi. 

Apa yang dilakukan Viola, menurut Dr. Egie Praja, dokter estetika, adalah bentuk dari self-love. Kalau merawat kulit kan bentuk self-love, perlu dilakukan sedini mungkin untuk menjaga kulit kita. 

Seperti investasi mencegah penuaan. Bukan untuk melawan kodrat yah, tapi lebih menghargai diri kita sendiri,” jelas Dr. Egie dalam acara tersebut. 

Sebelum melakukan perawatan, penting untuk kita memahami terlebih dahulu kondisi kulit yang dihadapi. Pasalnya, seperti yang dipaparkan Dr. Egie bahwa tiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda pula sesuai kebutuhannya. 

“Perawatan itu harus dinilai dari kebutuhan kulit kita apa. Enggk sama rata setiap orang,” paparnya.

Kendati demikian, melakukan self-care pun tak perlu harus selalu dengan biaya yang mahal loh Kawan Puan.   Menurut Dr. Egie, perawatan yang bisa dilakukan di rumah bisa berupa cuci wajah, eksfoliasi, rangkaian skincare lainnya, dan tidak melupakan sunblock atau sunscreen. 

Pemilihan produk-produk tersebut pun tak perlu yang selalu berharga mahal. 

“Sebenarnya banyak skincare yang enggak perlu budget besar. Seperti sunscreen, krim pagi dan krim malam,” ujar Dr. Egie. 

Namun ia menekankan untuk tidak memilih krim abal-abal yang mengandung merkuri. Pasalnya, penggunaan merkuri dapat menyebabkan munculnya flek hitam dan kanker.

Lebih dari sekadar perawatan fisik, menurut Dr. Egie yang kerap terlewatkan dilakukan oleh banyak orang dalam melakukan self-care adalah perawatan dari dalam melalui apa yang dikonsumsi. 

“Self-care itu kan agar kita lebih produktif. Maka dari itu penting agar kita cukup minum air putih, konsumsi makanan bernutrisi. Bukan hanya agar kita sehat, tapi juga kulitnya glowing,” jelasnya lagi. 

Bukannya tanpa sebab, hidrasi memainkan peranan yang penting dalam menjaga kulit agar tidak mudah muncul kerut. Lebih dari itu, hidrasi dari konsumsi air yang cukup dan makanan bernutrisi, akan membuat kulit kita kenyal dan lembap. 

“Cantik itu kan relatif. Tapi menurut saya, cantik itu adalah mereka yang kulitnya sehat dan terawat,” tambah Dr. Egie.(*)


Source: kompas.com




Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Related Posts

Your Ads Here

Komentar

Posting Komentar
Loading comments...