Lingkungan Sehat Untuk Bayi Sehat

Lingkungan Sehat Untuk Bayi Sehat
Posted by Orchid Media
Your Ads Here

Bunda pasti mau dong anak bunda selalu sehat dan tidak memiliki masalah apapun. Untuk mendapatkan bayi sehat ini, ada banyak sekali cara yang bisa Bunda lakukan salah satunya yaitu dengan menciptakan lingkungan sehat untuk bayi Bunda. Lingkungan sehat ini bukan berarti harus selalu steril, namun yang terpenting adalah suasana yang aman dan nyaman untuk sang buah hati.

Nah berikut ini, adalah beberapa cara yang bisa Bunda dan Ayah lakukan untuk menciptakan lingkungan sehat bagi sang buah hati:
  • Bayi masih sangat sensitif terhadap berbagai debu, karena itu jangan lupa untuk membersihkan kamar bayi secara rutin setiap harinya. Jika Bunda bukan termasuk orang yang rajin untuk membersihkan secara detail, sebaiknya jangan meletakkan terlalu banyak barang yang belum bermanfaat di kamar bayi. Hal ini hanya akan menjadi sarang debu dan akan mengganggu pernafasan bayi, khususnya untuk bayi yang memiliki masalah dengan saluran pernafasan.
  • Jangan meletakkan berbagai benda yang terbuat dari bahan keras atau tajam disekitar bayi, karena berisiko melukai bayi. Hindari juga meletakkan benda berukuran terlalu besar, karena dapat mengganggu gerak bayi, dan beresiko menimpa bayi ketika benda tersebut terjatuh.
  • Perhatikan baik-baik ventilasi udara dan suhu pada kamar bayi. Pastikan bahwa udara dapat bersirkulasi dengan baik dan suhu di kamar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Meskipun kamar bayi menggunakan AC, sebaiknya tetap sediakan ventilasi udara yang cukup, agar bayi tetap mendapatkan oksigen yang cukup.
  • Jangan letakkan kamar bayi terlalu dekat dengan sumber udara kotor, seperti dapur atau jalan raya (untuk rumah dekat jalan raya). Hal ini dapat membuat pernafasan bayi menjadi terganggu.
  • Hindari penggunaan obat nyamuk bentuk apapun pada kamar bayi, karena dapat beresiko mengganggu kesehatan bayi akibat terhirup tanpa sengaja. Jika ingin menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk, sebaiknya gunakanlah kelambu.
  • Jika Bunda ingin bayi tidur dikamar yang terpisah dengan kamar orangtua, sebaiknya letakkan kamar bayi tidak terlalu jauh dari kamar orangtua. Selain itu, pastikan Bunda tetap bisa mendengar suara dari kamar bayi, untuk mengantisipasi jika sesuatu terjadi pada bayi maka orangtua akan dapat mengetahuinya.
Menciptakan lingkungan sehat ini terlihat seperti hal yang sederhana, namun sangat berpengaruh pada kesehatan bayi. Nah, untuk melengkapinya agar kesehatan bayi semakin terjaga, jangan lupa untuk menerapkan ASI ekslusif minimal 6 bulan, dan wajib bagi Bunda untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi selama menyusui. ASI sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi.  (Yv)
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Related Posts

Your Ads Here

Komentar

Posting Komentar
Loading comments...