Tips Menjaga Kehamilan

Tips Menjaga Kehamilan
Posted by Orchid Media
Your Ads Here

Kehamilan akan selalu menjadi hal yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Apalagi, jika kehamilan ini adalah kehamilan pertama yang dialami sang istri. Karena itu, wajar jika calon ibu maupun calon ayah berusaha mencari berbagai informasi mengenai cara menjaga kehamilan. Informasi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber, baik melalui berbagai artikel yang tersedia di Internet maupun majalah, atau berdasarkan pengalaman ibu lainnya. 

menjaga kehamilan
Selain tips menjaga kehamilan yang bisa diberikan oleh ibu-ibu lain, ada juga beberapa tips lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan si kecil selama kehamilan. 

  • Makanlah makanan sehat setidaknya lima atau enam kali sehari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin.
  • Konsumsilah vitamin prenatal setiap hari sesuai rekomendasi bidan atau dokter kehamilan.
  • Minumlah banyak cairan, setidaknya 8-10 gelas per hari dan hindari minuman berkafein dan yang menggunakan pewarna buatan.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol, karena berpotensi merusak kandungan.
  • Jangan merokok dan sebaiknya hindari asap rokok, karena zat-zat dalam rokok juga berpotensi merusak kandungan. 
  • Untuk kesehatan dan menurunkan stres, sering-seringlah berolahraga. Ikutilah kelas senam hamil atau berjalanlah 15-20 menit seharinya.
  • Tidurlah yang cukup, setidaknya delapan jam sehari. Jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah tidur siang atau berkonsultasilah pada dokter.
  • Pakailah sepatu yang nyaman dan tidak sempit. Angkatlah kaki beberapa kali sehari untuk menghindari kelelahan dan pembengkakan kaki, telapak kaki, dan persendian.
  • Tetaplah pakai sabuk pengaman secara berkendara. Bagian bahu sabuk pengaman sebaiknya diposisikan di atas tulang leher dan bagian perut sebaiknya ditaruh di bawah abdomen, sebawah mungkin di pinggang. Wanita hamil juga sebaiknya duduk sejauh mungkin dari air bag.
  • Jangan gunakan obat-obatan tanpa resep atau obat herbal tanpa konsultasi bidan atau dokter kehamilan.
Tentunya masih banyak tips yang bisa diikuti agar kehamilan sehat dan menyenangkan. Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan kehamilan menjadi pengalaman yang membahagiakan bagi ibu dan si kecil dapat memasuki dunia dengan selamat. (Dana)
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Related Posts

Your Ads Here

Komentar

Posting Komentar