Viral Video Aksi Pemalakan dan Pelemparan Batu di Tol Medan

Viral Video Aksi Pemalakan dan Pelemparan Batu di Tol Medan
Posted by Orchid Media
Your Ads Here

Viral Video Aksi Pemalakan dan Pelemparan Batu di Tol Medan

Maknews Medan - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan aksi pemalakan di pintu masuk Tol Belmera, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. 

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @medanheadlines.news, terlihat beberapa pria melakukan aksi premanisme dengan melempari mobil dengan telur dan batu. 

Hal itu lantaran sopir tidak mau berhenti dan memberikan uang. 

“Sekelompok pemuda yang selalu meresahkan pengguna jalan tol di depan Pintu Tol Belawan. Jika tidak setor uang, mobil pun dilempar,” tulis keterangan dalam video tersebut.


Kondisi ini tentu menimbulkan dilema bagi para pengemudi yang melintas, pasalnya jika menghentikan kendaraan nyawa dan keselamatannya sopir dan awak yang berada di dalamnya bisa terancam. 

Tetapi, jika pengemudi truk tetap melaju juga menimbulkan bahaya bagi dirinya, dan pengguna jalan yang berada disekitarnya. 

Bisa saja mobil yang dikemudikan justru hilang kendali dan mencelakai pengendara motor tersebut mengingat jarak kendaraan yang begitu dekat.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sonny Susmana mengatakan, dalam kondisi tersebut memang serba salah jika menjadi pengemudi, sebab maju kena mundur juga bisa kena. 

“Tindakan yang dilakukan oleh begal tersebut sudah masuk ranah pidana. Sudah benar peristiwa tersebut direkam sebagai bukti, dan jangan ambil langkah berhenti,” ucap Sony dilansir dari Kompas.com, belum lama ini. 

Menurut Sony, pengemudi sebaiknya tetap melaju dengan emosi dan kecepatan yang terukur. 

Bunyikan klakson (nonstop) sebagai tanda bahaya agar masyarakat umum tahu sedang ada kejahatan. “Selanjutnya, segera arahkan kendaraan ke pos polisi terdekat dan laporkan kejadian tersebut. Hal ini dengan pertimbangan menjaga nyawa atau diri, karena properti yang rusak akibat tindakan mereka masih bisa diganti,” ucap Sony.

Aturan dan Sanksi Pada Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan yakni pasal 56 dijelaskan, setiap orang dilarang memasuki jalan tol, kecuali pengguna jalan tol dan petugas. 

lanjut lagi, berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan pasal 64 ayat 4, setiap orang selain pengguna jalan tol dan petugas jalan tol yang karena kelalaiannya memasuki jalan tol, sebagaimana dimaksud dalam pasal 56, dipidana dengan pidana kurungan paling lama tujuh hari atau denda paling banyak Rp 1,5 juta.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Aksi Pemalakan dan Pelemparan Batu di Tol Medan"



Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Related Posts

Your Ads Here

Komentar

Posting Komentar
Loading comments...