Kuliner Lampung Yang Harus Dikunjungi Saat Berlibur di Lampung

Kuliner Lampung Yang Harus Dikunjungi Saat Berlibur di Lampung
Posted by Orchid Media
Your Ads Here

Tabikpun.id - Mengunjungi wilayah Lampung tanpa mencicipi berbagai wisata kuliner yang ada di lampung tentunya akan terasa kurang lengkap. Bukan menjadi rahasia lagi jika Lampung merupakan salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit masyarakat lokal maupun mancanegara.

Tidak hanya terkenal enak, banyak hal yang membuat banyak wisatawan wajib mencoba berbagai wisata kuliner yang ada di Lampung adalah karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Hal tersebut karena Lampung termasuk daerah yang kaya akan berbagai sumber makanan.

Berkunjung ke sebuah tempat memang identik dengan menyambangi destinasi wisata yang terkenal di tempat tersebut. Akan tetapi bagi beberapa orang, berkunjung ke suatu daerah rasanya tidak akan lengkap apabila tidak mencicipi hidangan khasnya.

Untuk itu, memilih Lampung sebagai tujuan berlibur atau wisata adalah keputusan yang tepat. Nantinya, Anda akan punya banyak kesempatan untuk mencicipi aneka wisata kuliner paling populer dan tentunya tetap murah. Jika Anda belum mengetahui wisata kuliner apa saja di Lampung yang patut untuk dicoba, maka simak saja ulasan berikut ini.

1.Bakso Sony


Bakso Sony boleh dibilang kuliner yang melegenda di Kota Bandar Lampung. Kelezatan bakso ini juga tereknal hingga ke seluruh Indonesia. Tidak heran jika banyak sekali pedagang yang menjajakan Bakso Sony di marketplace.

Jika berkunjung langsung ke Bandar Lampung dan ingin merasakan kelezatan semangkuk Bakso Sony, Anda tidak perlu kesulitan karena Bakso Sony telah mendirikan banyak cabang di setiap sudut Kota Bandar Lampung.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.42 A, Durian Payung, Kec. Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

2.Bebek Bakar Mbok Wito


Nikmatnya bebek bakar dengan aneka macam sambal, menjadi menu andalan dari warung Mbok Wito. Tempat kuliner ini hampir diketahui oleh banyak para wisatawan karena tempatnya yang begitu strategis dan dekat dengan beberapa destinasi wisata. Apalagi dengan konsep warung makan lesehan, akan membuat pengunjung semakin nyaman menikmati kuliner di sini.

Selain memiliki bebek bakar sebagai menu andalan, Mbok Wito juga menyediakan ayam bakar dan goreng yang bisa Anda nikmati. Racikan bumbu yang khas dengan resep turun-temurun adalah salah satu rahasia di balik kepopuleran wisata kuliner satu ini. Dagingnya sangat empuk dan gurih, berbeda dengan beberapa warung lainnya yang dagingnya keras.

Lokasi: Jl. Arif Rahman Hakim No.16, Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

3.Kedai Mie Jambo Raya


Kedai Mie Jambo Raya merupakan tempat makan yang menyajikan aneka hidangan khas Aceh seperti mie aceh, martabak aceh, kue timpan, dan nasi goreng aceh yang juga menjadi menu andalan di kedai ini. Sementara untuk menu minumannya sendiri juga tidak kalah istimewa. Pengunjung bisa mencicipi kopi aceh, kopi telur, maupun the tarik.

Pemiliknya Kedai Mie Jambo Raja memiliki darah Aceh yang menetap di lampung sehingga wajar apabila tempat makan yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung. Kedai ini juga penuh dengan muda-mudi Bandar Lampung yang berkumpul bersama sambil menikmati secangkir kopi di malam hari maupun akhir pekan.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.283, Way Halim Permai, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

4.Nasi Uduk Toha


Jika Anda adalah pencinta nasi uduk, maka nasi uduk Toha bisa menjadi tempat kuliner paling rekomended. Hal yang membuat nasi uduk ini berbeda adalah karena tersedia berbagai lauk pauk dalam jumlah yang sangat banyak. Setiap pengunjung bebas memilih sendiri lauk yang diinginkan dengan jumlah bebas.

Warung nasi uduk toha yang hanya buka saat pagi hari ini, menjadi rujukan tempat sarapan paling ramai di Lampung. Tidak hanya menyediakan tempat yang bersih dan nyaman, pengunjung bisa menikmati pemandangan di luar tempat makan yang begitu menyenangkan. Apalagi porsi yang disediakan juga cukup besar dengan harga terjangkau.

5.Locupan


Apa itu locupan? Warnanya putih agak mirip kwetiaw tapi bentuknya kayak cacing gendut panjang-panjang. Disajikannya seperti yamien, diaduk-aduk pake kecap asin & minyak kemudian dikasih taburan daging ayam cincang, daun bawang dan toge. Kuahnya bisa dimakan terpisah atau disiram ke mangkuk locupannya. Kemarin ini kami makan locupan di kedai Mie Asang (Halal) di Jalan Kartini, Tanjung Karang.

6.Mie Pangsit Ubi Cilembu


Untuk para penghobi mie pangsit tidak boleh melewatkan wisata kuliner Ubi Cilembu yang satu ini. Hal yang membuat mie satu ini menjadi lebih istimewa dibanding dengan mie pangsit lainnya adalah karena bahan baku pembuatan mienya mendapatkan campuran ubi cilembu. Sebelumnya, belum pernah ada mie pangsit yang dibuat dari campuran ubi.

Di dalam ubi sendiri terdapat kandungan potasium dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah gangguan kanker, gagal ginjal, dan juga tumor. Maka tak heran jika pengunjung sangat suka memilih makan di tempat ini karena menyediakan menu mie pangsit sehat. Selain itu, masih ada banyak ubi lainnya yang bisa dicoba.

Lokasi: Jl. Pajajaran No.47, Jagabaya II, Kec. Sukabumi, Kota Bandar Lampung.

7.Nasi Uduk Jengkol


Berbeda dengan nasi uduk pada umumnya yang biasanya menggunakan telur, tahu, atau ayam sebagai lauk, Nasi Uduk Jengkol ini justru jauh lebih lengkap dengan menambahkan jengkol serta sambal. Hartu satu porsinya pun sangat bersahabat. Selain itu pembeli juga bisa memilih lauk tambahan lainnya.

Lokasi: Jl. P. Antasari No.125, Jagabaya III, Kec. Way Halim, Kota Bandar Lampung.

8.Mie Khodon


Mie Khodon sangat istimewa karena merupakan racikan pribadi. Jika biasanya penjual mie mendapatkan bahan langsung dari penjual mie lainnya, maka pemilik Mie Khodon memilih untuk meracik sendiri mie spesial dengan cita rasa unik.

Warung ini bahkan sudah ada sejak tahun 1960 dan tetap menjadi pilihan favorit wisatawan maupun masyarakat lokal hingga saat ini. Dalam satu mangkok mie terdapat tambahan irisan ayam dan daun bawang yang banyak. Anda juga bisa menikmati sensasi kuah pedas dan gurih dengan mencicipi mie satu ini.

Lokasi: Jl. Ikan Bawal No.22, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

9.Bebek Goreng H. Slamet


Untuk penggemar olahan bebek, tidak ada salahnya untuk datang ke warung Bebek Goreng H. Slamet. Warung makan ini merupakan cabang dari warung makan Bebek Goreng H. Slamet yang berada di Kartasura, Jawa Tengah.

Olahan bebek goreng di sini memiliki rasa yang khas, empuk, gurih serta disajikan dengan sambal khas Kartasura. Tidak heran jika tempat makan yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung.

Lokasi: Jl. ZA. Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

10.Banana Foster Lampung


Banana Foster Lampung menyediakan berbagai macam menu cake dan brownis yang berasal dari bahan dasar pisang. Wisata kuliner satu ini menjadi sangat populer karena pemiliknya adalah seorang artis ibukota, Hengky Kurniawan. Berkat namanya yang eksis di dunia entertainment menjadikan Banana Foster sangat terkenal.

Terdapat 8 varian cake dan brownies berbahan dasar pisang yang tersedia. Beberapa varian tersebut diantaranya, Caramelized, Nutella, Double Cheese, Peanut, Molten Banana, Chocolate, Premium Pandan, dan Premium Black. Jika Anda adalah penyuka kuliner semacam kue dan brownies, maka wajib mengunjungi wisata kuliner satu ini.

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi No.115, Pengajaran, Kec. Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung.

11.Samwon Express

Restauran Samwon Express yang terletak di dalam pusat perbelanjaan modern ini merupakan restauran siap saji yang menawarkan beraneka ragam hidangan khas Korea Selatan seperti kimchi, bimbimbap, Korean barbeque, dan masih banyak lagi.


Begitu melangkah memasuki restauran ini, pengunjung bisa langsung merasakan suasana khas Korea Selatan dari pernak-perniknya.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kedaton, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung.

12.Lontong Sayur Warung Kopi Dunia


Menu lontong sayur memang sudah menjadi andalan kota Lampung karena memiliki kekhasan yang sangat unik. Cita rasa lontong daun ditambah dengan deretan pilihan sayur yang nikmat akan sangat menggugah selera Anda. Setiap harinya, menu sayur berubah-ubah sehingga ada banyak kejutan yang bisa dinanti.

Selain lontong sayur, di tempat ini Anda juga bisa melakukan wisata kuliner berupa bubur, nasi uduk, mie ayam, ayam goreng, dan beberapa jajanan tradisional. Karena berbagai menunya yang lengkap tidak mengherankan jika tempat ini menjadi rujukan andalan para wisatawan.

Lokasi: No., Jl. Ikan Hiu No.70, Pesawahan, Kec. Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Lampung yang wajib dicoba saat berlibur ke daerah ini. Tidak dapat dipungkiri apabila tidak akan lengkap rasanya mengunjungi suatu daerah tanpa melakukan wisata kuliner. Selain itu masih banyak lagi wisata Kuliner Lampung yang tidak bisa disebutkan semua disini. Untuk itu, jangan pernah melewatkan deretan wisata kuliner di atas.

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Related Posts

Your Ads Here

Komentar

Posting Komentar
Loading comments...