Tips Memberikan MPASI

Tips Memberikan MPASI
Posted by Orchid Media
Your Ads Here

Ketika ASI sudah tidak cukup untuk memenuhi nutrisi anak, maka sudah saatnya kita memperkenalkan buah hati kita dengan MPASI. MPASI atau Makanan Pendamping ASI adalah makanan yang diberikan pada buah hati kita untuk menunjung nutrisi dan perkembangannya secara maksimal. Prinsip MPASI pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan prinsip makanan sehat untuk ibu hamil yang pernah kita terapkan ketika mengandung dulu, yaitu bergizi serta tidak mengandung banyak garam dan gula. Bagi Ibunda yang memerlukan panduan untuk memberikan MPASI pertama pada anak, mungkin Tips Memberikan MPASI berikut ini bisa membantu:

Pada masa transisi, biasanya buah hati kita akan kaget dengan perubahan dari ASI ke makanan padat. Oleh sebab itu, berikanlah MPASI secara sedikit demi sedikit. Pada tahap ini, kita baru membiasakan anak untuk mengenal MPASI dan berikan waktu baginya untuk mengenal tekstur makanannya.

Jangan lupa untuk menyajikan MPASI dengan sajian yang menarik, wangi yang lezat, dan rasa yang enak. Buah hati kita akan tertarik untuk mencicipinya jika makanan yang kita sajikan berhasil mencuri perhatiannya. Apalagi jika kita berhasil menyajikan makanan dalam bentuk yang cantik dan menarik.

Campur satu atau dua bahan dalam olahan MPASI. Hal ini kita lakukan untuk melihat reaksi anak terhadap makanan yang kita sajikan. Jangan mencampur lebih dari dua bahan di awal-awal pemberian MPASI. Perhatikan juga alergi pada anak. Catatlah makanan-makanan apa saja yang berdampak pada tubuh buah hati kita.

Jangan langsung panik jika anak kita menolak makanan tertentu, dan langsung berasumsi bahwa anak kita membenci makanan itu. Bisa jadi, pada saat itu ia memang sedang tidak ingin memakannya. Berikan makanan tersebut satu atau dua minggu setelahnya dan lihat reaksi anak kita.

Sayur dan buah adalah penghasil vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk anak. Jangan lupa untuk menyajikan dua makanan ini dalam olahan MPASI. Ketika mengolah sayur, kita boleh menambahkan kaldu dan bumbu untuk menambah cita rasa. (TR)
Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Your Ads Here

Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Related Posts

Your Ads Here

Komentar

Posting Komentar
Loading comments...